Contoh Satuan Layanan

   A.    Judul Layanan                         : Tingkatan Jabatan di Perusahaan
   B.     Bidang Bimbingan                  : Karir
   C.     Jenis Layanan                          : Informasi
   D.    Fungsi Layanan                       : Pemahaman dan Pengembangan
   E.     Kompetensi Dasar                   : Siswa dapat mengidentifikasi berbagai
  tingkat jabatan di perusahaan
   F.      Indikator                                 :
1.      Siswa dapat menjelaskan arti tingkat jabatan di perusahaan
2.      Siswa dapat menyebutkan tingkatan jabatan di perusahaan
3.      Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis perpindahan jabatan
4.      Siswa dapat menguraikan syarat-syarat perpindahan jabatan
   G.    Sasaran Kegiatan                    : Siswa kelas XII Pemasaran (PM) 1
  SMK Negeri 6 Surakarta
   H.    Materi Layanan                       :
1.      Pengertian tingkat jabatan
2.      Tingkatan jabatan di perusahaan
3.      Jenis-jenis perpindahan jabatan
4.      Syarat-syarat perpindahan jabatan
   I.       Uraian Kegiatan                      :
1.      Pendahuluan                     :
a.       Guru Bimbingan dan Konseling memberikan salam
b.      Guru Bimbingan dan Konseling melakukan good rapport
c.       Guru Bimbingan dan Konseling mengecek presensi atau daftar kehadiran siswa
2.      Apersepsi                          :
a.       Guru Bimbingan dan Konseling  melakukan kegiatan apersepsi
b.      Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan topik dan tujuan yang akan dibahas pada pertemuan ini
3.      Penyajian materi                :
a.       Guru Bimbingan dan Konseling memberikan ceramah mengenai topik bahasan
b.      Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan manfaat penyampaian materi
c.       Guru Bimbingan dan Konseling memberikan umpan balik terhadap tahap sebelumnya
d.      Guru Bimbingan dan Konseling memberikan ice breaking
4.      Penutup                             :
a.       Guru Bimbingan dan Konseling meminta siswa untuk menyampaikan manfaat dari layanan yang diterima
b.     Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan harapan kepada siswa setelah menerima layanan
c.     Guru Bimbingan dan Konseling memberikan salam penutup
   J.       Tempat Penyelenggaraan        : Ruang Kelas XII Pemasaran (PM) 1
   K.    Waktu/Tanggal                        :
1.      Alokasi Waktu                 : 1 x 45 menit / Pukul 10.00 WIB
2.      Hari, Tanggal                   : Rabu, 23 Maret 2015
3.      Semester                           : Genap
   L.     Metode Layanan                     :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
   M.   Alat, Perlengkapan, dan Media yang digunakan :
1.      Laptop
2.      LCD
3.      Power Point
4.      Kertas lipat
   N.    Penyelenggara Layanan          : Adnan Fadkhurosi, S.Pd
   O.    Pihak yang Terlibat                 : -
   P.      Rencana Penilaian                   :
1.      Penilaian segera     :
Guru Bimbingan dan Konseling memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan
2.      Penilaian jangka pendek                :
Guru Bimbingan dan Konseling memantau perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan pengetahuan siswa tentang tingkatan jabatan di perusahaan
3.      Penilaian jangka panjang               :
Guru Bimbingan dan Konseling melakukan interview pada siswa dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pengetahuan siswa tentang tingkatan jabatan di perusahaan.
5.      Tindak Lanjut                               :
Apabila masih ada siswa yang belum memahami materi maka akan diberikan layanan bimbingan kelompok atau layanan konseling individual
   Q.    Keterkaitan dengan layanan lain         : Bimbingan kelompok dan konseling
  Individual
   R.     Catatan khusus                                    : -
Surakarta, Maret 2016
Mengetahui,

Koordinator Guru BK,                                 Guru Bimbingan dan Konseling,




                        Dr. Wagimin, M.Pd                                           Adnan Fadkhurosi, S.Pd
                        NIP. 195105171979031001                              NIM. K3114001


Link download: https://drive.google.com/file/d/0BxA48cWDpFRCZEI0YmppU2l1R2c/view?usp=sharing

Related Posts:

0 Response to "Contoh Satuan Layanan"

Posting Komentar